Sabtu, 21 September 2013

Sejarah Bola Basket Dunia

Sejarah Bola Basket 
Sejarah bola basket dimulai ketika Dr. James Naismith datang dengan memainkan bola basket pada tahun 1892 dan memulai pertandingan pertama pada sebuah kompetisi  bola basket yang dimainkan di Beaver Falls Pennsylvania, Amerika Serikat pada 8 April 1893 antara New Brighton YMCA dan Geneva College.

Dalam perkembangannya permainan ini sangat populer dan pada tahun 1914 sebanyak 360 perguruan tinggi membuat tim basket yang diproyeksikan untuk pertandingan bola basket antar perguruan tinggi. Pada tahun 1939, untuk kali pertama NCAA College Basketball Championship turnamen (turnamen bola basket antar perguruan tinggi paling popular didunia sampai sekarang) diadakan yang dimenangkan oleh University of Oregon.

Tim basket profesional pertama di dunia terbentuk pada tahun 1896, tim tersebut muncul ketika terjadi sengketa antara anggota tim YMCA dan pejabat pengurus dari tim YMCA dengan terjadinya konflik tersebut,  berakhir pada pembentukan anggota tim profesional yang bermain serta digaji secara profesional. Pada tahun 1898, NBL (National Basketball League) dibentuk dan banyak melahirkan bintang-bintang basket pertama  didunia antara lain - Ed Wachter dan Barney Sedran.

Dua tim bola basket profesional saat itu yang paling kompetitif untuk memperebutkan gelar juara  adalah Buffalo Germans dan Celtics, tetapi selama tahun 1930-an banyak tim baru bermunculan termasuk tim favorit juara lainya yaitu New York Renaissance dan Harlem Globetrotters. Selama beberapa dekade tersebut , bola basket wanita juga populer dan menghasilkan beberapa pemain besar seperti babe Didrikson dan Bank Alline Sprouse.

Pada tahun 1940, pertandingan pertama bola basket disiarkan pada salah satu stasiun TV, yang menyiarkan pertandingan antara Pittsburgh dan Fordham bertempat di Madison Square Garden, yang membuat lompatan  besar dalam sejarah perkembangan permainan bola basket didunia. Sejak saat itu basket telah menjadi salah satu olahraga yang paling banyak ditonton dan digemari oleh banyak orang didunia, ketika hampir 350 perguruan tinggi Amerika bersaing untuk memperebutkan gelar mahkota turnamen bola basket NCAA  itu adalah salah satu moment tertinggi tentang antusiasnya para mahasiswa akan olahraga bola basket saat itu.

Beralih ke sejarah bola basket professional , pada tahun 1940 sampai 1950an. Minneapolis Lakers merupakan tim basket professional yang paling terkenal saat itu  karena telah memenangkan 5 gelar kejuaraan NBA dan melahirkan pemain pemain hebat seperti Bob Cousy dan Bob Pettit. Tetapi selama tahun 1950-an sampai tahun 1969, Celtics mengambil alih dominasi Minneapolis Lakers  dengan memenangkan 11 gelar NBA dengan 8 gelar secara beturut-turut. Pada dekade ini banyak pemain pemain bintang bermunculan salah satunya adalah Bill Russell dan wilt Chamberlin dari Philadelphia Warriors.

Pada tahun 1967 American Basketball Association (ABA) dibentuk dan banyak yang akan mengingat salah satu pemain hebat saat itu adalah Julius Erving serta kompetisi tersebut yang menggunakan bola basket berwarna putih, biru dan merah. ABA hanya berlangsung sampai tahun 1976 ketika itu bubar dan banyak tim yang memilih bergabung dengan NBA.

Pada tahun 1960, bola basket wanita resmi diperkenalkan dengan format bermain yang sama dengan bola basket laki laki pada umumnya dengan jumlah pemain 5 dan peraturan yang sedikit melonggarkan dribbling, akan tetapi  hal itu tidak sampai tahun 1985, karena pada saat itu mulai bermunculan pelatih perempuan dan pemain professional perempuan. Beberapa perempuan hebat  dalam bidang bola basket dan turut dalam sejarah perkembangan bola basket wanita mendapatkan kehormatan,  antara lain adalah Carol Blazejowski, Ann Meyers, Cheryl Miller, Nancy Lieberman-Cline dan Anne Donovan.

Pada akhir tahun 1970-an awal menjadi awal berkembangnya bola basket modern sampai seperti sekarang ini dengan bintangnya saat itu  Larry Bird dari Indiana State University dan salah satu pemain legendaries dari Michigan State Universitas Magic Johnson muncul dan akhir 1980-an. Serta pada decade tersebut kita bisa melihat pemain utama seperti Isiah Thomas dan Dennis Rodman. Tapi mungkin pemain yang paling dicintai dari semua penggila bola basket di dunia termasuk saya adalah Michael Jordan yang membawa Chicago Bulls enam kali juara NBA pada dekade 1990-an.

0 komentar:

Posting Komentar